Pemilih Muda,No Golput

19 Januari 2014
Pemilih Muda,No Golput

Tanpa kita sadari Pemilu 9 April sudah mendekati puncaknya,mungkin bagi setiap elite elite politik sudah terus bergegas mempersiapkan strategi pemenangannya. 

Bagaimanakah dengan kalangan pemilih muda saat ini? Apakah masih bingung dengan calon-calon yang anda dapat percayakan untuk dapat mewakili suara anda selama 5 tahun mendatang?

Berikut ini ada beberapa saran yang perlu diperhatikan untuk dilihat dalam memilih calon-calon yang dapat anda percayakan dapat mewakili suara anda di Parlemen nanti.

1. Pahami tugas dan pokok fungsi Para Calon anggota DPR sesuai dengan UUD 1945 Pasal 20 A BAB VII disitu dijelaskan bahwa fungsi anggota dewan perwakilan rakyat adalah :Fungsi Legislasi,Fungsi Anggaran,dan Fungsi Pengawasan . Jika anda sudah memahami tugas-tugas Anggota DPR disini anda dapat mengetahui sejauh mana tugas-tugas yang dikerjakan oleh caleg yang anda dukung

2. Lihat track record (rekam jejak),dan pahami karakternya. Jangan memilih calon wakil rakyat yang mempunyai karakter yang kurang bagus,karena apabila terpilih menjadi anggota DPR kelak kemungkinan besar calon yang anda pilih tidak mampu berbuat apa apa di parlemen kelak. Karakter yang dimaksud pun mengarah ke integritas seseorang.

3. Memiliki semangat, wawasan berbangsa dan bernegara, artinya pastikan calon yang anda pilih kelak memeliki semangat tersebut,kenapa ? Sebab jika seorang Caleg tidak memiliki semangat tersebut dipastikan dalam menjalankan Tupoksi ( Tugas Pokok dan Fungsi ) sebagai Anggota DPR tidak begitu maksimal.

4. Lihat Visi,Misi,dan Program nya. Artinya pilih anggota legislatif yang dapat mewakili suara anda melalui Visi,Misi dan program yang sudah di buat apabila Visi misi dan program kerjanya menurut anda terlalu berlebihan dan kurang begitu menyentuh kepada rakyat sebaiknya anda jangan memilih sebab nantinya hal itu jika di biarkan justru akan menjadi hal yang sia-sia.

Oleh sebab itu untuk para generasi muda, pastikan di Pesta Demokrasi nanti di 9 April 2014 Pastikan diri anda memberikan hak suara anda,karena suara andapun kelak akan menentukan nasib bangsa ini 5 tahun mendatang.

Apakah sebagai generasi muda rela memberikan tanduk kepemimpinan bangsa ini dipegang oleh orang orang yang hanya membela segelintir orang, dan kelompoknya saja? Sebagai Generasi muda mari sebelum kita menentukan suara kita kelak,kita harus aktif dan selektif siapa yang dapat mewakili suara kita nanti Baik itu di tingkat Pusat maupun di tingkat daerah,mulai sekarang Generasi Muda "Stop Golput" apapun alasannya. 

Ditulis Oleh: Petrus Uhir Imanto Basamima S

(Mahasiswa Fak Hukum Universitas Krisnadwipayana,Jakarta)